Kamis, 27 November 2014

Perilaku Konsumen di era 2010

ESSAY


1.)     Di era 2010 perilaku konsumen sangat kompleks dalam membeli barang di sebabkan?

Jawab:
Karena membeli berdasarkan kebutuhan dan membeli bukan berdasarkan keinginan.

2.)      Sebutkan contoh perilaku konsumen diera 2010?

Jawab:
Konsumen yang membeli barangnya melalui internet atau online shop, konsumen melihat barangnya melalui gambar yang tersedia websitenya ataupun di facebook twitter dengan memberikan informasi barang tersebut mulai dari harga, kualitas, kegunaan, dan lain-lain.

     3.)    Sebutkan lima ciri-ciri atau sifat-sifat kepribadian konsumen innovator. Jelaskan pendapat Anda ini..

   Jawab :
Sifat kepribadian yang berguna untuk membedakan anatar inovator konsumen
dan bukan inovator meliputi sifat-sifat konsumen sebagai berikut:
*Keinovatifan : Para peneliti konsumen telah berusaah menyusun instrumen pengukuran untuk menaksir tingkat keinovatifan konsumen, karena ukuran sifat kepribadian tersebut memberikan wawasan yang penting mengenai sifat dan batas-batas kesediaan konsumen untuk berinovasi.
*Dogmatisme : Dogmatisme adalah sebuah sifat kepribadian yang mengukur tingkat kekakuan (versus keterbukaan) yang ditunjukkan individu terhadap hal yang belum dikenal dengan baik dan terhadap informasi yang berlawanan dengan kepercayaan mereka yang sudah mendalam.
*Karakter Sosial : Karakter sosial adalah sifat kepribadian yang berkisar dari pengarahan diri sendiri dan pengarahan oleh orang lain. Para konsumen yang diarahkan oleh diri sendiri cenderung menyandarkan pada nilai-nilai / standar dalam diri mereka sendiri dalam menilai berbagai produk barudan berkemungkinan menjadi konsumen inovator.
*Tingkat stimulasi optimum(TSO) :Tingkat stimulasi optimum(TSO) berkaitan  dengan kesediaan yang lebih besar untuk mengambil resiko, mencoba berbagai produk baru, menjadi inovatif, mencari informasi yang berhubungan dengan pembelian, dan menerima fasilitas eceran yang baru daripada TSO yang rendah. Skor TSO juga kelihatan mencerminkan tingkat stimulasi gaya hidup yang diingini seseorang.
*Pencari Variasi-Kesenangan Baru : Ada berbagai tipe konsumen pencari variasi : perilaku pembelian yang bersifat penyelidikan ( misalnya berpindah merek untuk mengalami berbagai pilihan baru dan mungkin alternatif yang lebih baik), penyelidikan pengalaman orang lain (misalnya memperoleh informasi mengenai pilihan baru atau berbeda dan kemudian memikirkan atau merenungkan pilihan tersebut), dan keinovatifan pemakaian ( menggunakan produk yang sudah bisa dipakai dengan cara baru).

4.)    Apa hubungan era globalisasi dan perubahan perilaku konsumen?

Jawab:
Teknologi informasi juga mempengaruhi pelaku bisnis dalam hal penyebaran informasi dan melakukan komunikasi dengan konsumen. Pada saat seorang konsumen mengambil keputusan pembelian, mereka juga mempertimbangkan negara asal dari merek sebagai bahan evaluasi. Konsumen memiliki sikap, preferensi, dan persepsi tertentu terhadap produk atau jasa yang dihasilkan suatu negara. Efek negara asal ini mempengaruhi bagaimana konsumen menilai kualitas dan pilihan mereka terhadap produk yang akan dikonsumsi.


5.)  Sebutkan perilaku konsumen individu dalam pemilihan merk.....

Jawab:
     • Pengaruh Lingkungan
     • Kebutuhan konsumen
• Persepsi atas karakteristik merek


6.)      Sebutkan Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembeli di era 2010 ?

Jawab:
      Konsep Diri,  Pengalaman, Kepribadian, Kebudayaan,  Kelas Sosial, Kelompok Referensi Kecil,  Keluarga Lingkungan Inti, Sikap dan Kepercayaan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar