ESSAY
1.) Di era 2010 perilaku konsumen sangat kompleks dalam membeli barang di
sebabkan?
Jawab:
Karena membeli berdasarkan kebutuhan dan
membeli bukan berdasarkan keinginan.
2.) Sebutkan contoh perilaku konsumen diera 2010?
Jawab:
Konsumen yang membeli barangnya melalui
internet atau online shop, konsumen melihat barangnya melalui gambar yang
tersedia websitenya ataupun di facebook twitter dengan memberikan informasi
barang tersebut mulai dari harga, kualitas, kegunaan, dan lain-lain.
3.) Sebutkan lima ciri-ciri atau sifat-sifat
kepribadian konsumen innovator. Jelaskan pendapat Anda ini..
Jawab :
Sifat kepribadian yang berguna untuk membedakan anatar
inovator konsumen
dan bukan inovator meliputi sifat-sifat konsumen sebagai berikut:
*Keinovatifan : Para peneliti konsumen telah berusaah menyusun instrumen pengukuran untuk menaksir tingkat keinovatifan konsumen, karena ukuran sifat kepribadian tersebut memberikan wawasan yang penting mengenai sifat dan batas-batas kesediaan konsumen untuk berinovasi.
dan bukan inovator meliputi sifat-sifat konsumen sebagai berikut:
*Keinovatifan : Para peneliti konsumen telah berusaah menyusun instrumen pengukuran untuk menaksir tingkat keinovatifan konsumen, karena ukuran sifat kepribadian tersebut memberikan wawasan yang penting mengenai sifat dan batas-batas kesediaan konsumen untuk berinovasi.
*Dogmatisme : Dogmatisme adalah sebuah sifat kepribadian yang
mengukur tingkat kekakuan (versus keterbukaan) yang ditunjukkan individu
terhadap hal yang belum dikenal dengan baik dan terhadap informasi yang
berlawanan dengan kepercayaan mereka yang sudah mendalam.
*Karakter Sosial : Karakter sosial adalah sifat kepribadian yang
berkisar dari pengarahan diri sendiri dan pengarahan oleh orang lain. Para
konsumen yang diarahkan oleh diri sendiri cenderung menyandarkan pada
nilai-nilai / standar dalam diri mereka sendiri dalam menilai berbagai produk
barudan berkemungkinan menjadi konsumen inovator.
*Tingkat stimulasi
optimum(TSO) :Tingkat stimulasi optimum(TSO)
berkaitan dengan kesediaan yang lebih besar untuk mengambil resiko,
mencoba berbagai produk baru, menjadi inovatif, mencari informasi yang
berhubungan dengan pembelian, dan menerima fasilitas eceran yang baru daripada
TSO yang rendah. Skor TSO juga kelihatan mencerminkan tingkat stimulasi gaya
hidup yang diingini seseorang.
*Pencari Variasi-Kesenangan
Baru : Ada berbagai tipe konsumen pencari
variasi : perilaku pembelian yang bersifat penyelidikan ( misalnya berpindah
merek untuk mengalami berbagai pilihan baru dan mungkin alternatif yang lebih
baik), penyelidikan pengalaman orang lain (misalnya memperoleh informasi
mengenai pilihan baru atau berbeda dan kemudian memikirkan atau merenungkan
pilihan tersebut), dan keinovatifan pemakaian ( menggunakan produk yang sudah
bisa dipakai dengan cara baru).
4.) Apa hubungan era globalisasi dan
perubahan perilaku konsumen?
Jawab:
Teknologi informasi juga mempengaruhi
pelaku bisnis dalam hal penyebaran informasi dan melakukan komunikasi dengan
konsumen. Pada saat seorang konsumen mengambil keputusan pembelian, mereka juga
mempertimbangkan negara asal dari merek sebagai bahan evaluasi. Konsumen
memiliki sikap, preferensi, dan persepsi tertentu terhadap produk atau jasa
yang dihasilkan suatu negara. Efek negara asal ini mempengaruhi bagaimana
konsumen menilai kualitas dan pilihan mereka terhadap produk yang akan
dikonsumsi.
5.) Sebutkan perilaku konsumen individu
dalam pemilihan merk.....
Jawab:
• Pengaruh Lingkungan
• Kebutuhan konsumen
• Persepsi atas karakteristik merek
6.) Sebutkan Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembeli di era 2010 ?
Jawab:
Konsep Diri, Pengalaman, Kepribadian, Kebudayaan, Kelas Sosial, Kelompok Referensi Kecil, Keluarga Lingkungan
Inti, Sikap dan Kepercayaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar